Pengunjung Harteknas melihat inovasi mahasiswa UMB di boothnya.


RIAU (SurabayaPost.id) - Puncak peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Harteknas) 2018 di Pekanbaru, Riau, berlangsung meriah.

Dengan menampilkan berbagai inovasi mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi di Indonesia, diantaranya Universitas Mercu Buana. Para inovator UMB menampilkan karya terbaiknya dalam pameran inovasi teresbut. Bahkan beberapa karya inovasi mahasiswa berhasil menarik para pengunjung.

Karena memang memiliki keunikan dan tingkat kemanfaatan yang sangat baik.

“Pada pameran ini UMB menampilkan tujuh inovasi, antara lain Mesin Penetas Telur berbasis IoT, Bata Ringat Sampah dan sebagainya. Karya inovasi tersebut memang unik. Jadi wajar mendapat perhatian dari pengujung,” jelas Rektor UMB, Dr. Arissetyanto Nugroho, MM saat menyaksikan stand pameran UMB di lokasi pameran Harteknas, Pekanbaru, Riau, Jumat (10/8/2018).

Menurutnya, sejumlah karya inovasi mahasiswa juga sudah mendapatkna penghargaan dunia. Dengan berhasil membawa medali perak dalam pameran ITEX.

Keberhasilan tersebut layak untuk diketahui pula para pengujung stand Harteknas.

Lebih lanjut Rektor UMB menambahkan ikut sertanya UMB dalam pameran Harteknas di Riau merupakan penghargaan luar biasa. Karena tidak semua perguruan tinggi dapat mengikuti pameran inovasi diacara tersebut.

“Karya-karya para mahasiswa innovator dari Universitas Mercu Buana ini, semakin memberi keyakinan untuk menjadikan Indonesia yang lebih maju,” ucap Rektor UMB.

Sejumlah pengujung yang mendatangi stand inovasi mahasiswa UMB memberikan apresiasi. Karena menyajikan inovasi yang memang unik.

Beberapa inovasi mahasiswa UMB yang juga ditampilkan adalah Pet Feeder using Android (teknik elektro UMB), PLTA sederhana pada saluran Irigrasi (Teknik Sipil), Pot Hidroponik Bianglala (ProBIa) (Teknik Industri UMB), Dinding Pantul Cahaya (Teknik Arsitek UMB) yang telah mendapatkan predikat Silver Medal dalam ajang IYIA di Malaysia, serta karya Kopling Semi Automatis.

(jun/rls)